Abstrak Tentang Penelitian



   ABSTRAK

Prodi Ilmu Keperawatan STIKes Binawan
Jakarta, 22 Juli 2014
Vera Sulistyaningrum
Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Kualitas Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Bermain dan Perilaku Ibu dalam pemilihan Alat Permainan Edukatif pada anak Prasekolah di wilayah binaan Posyandu Rw.13 Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Bogor”. 
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kualitas tingkat pengetahuan Ibu tentang bermain dan perilaku Ibu dalam pemilihan alat bermain pada anak prasekolah di wilayah binaan Posyandu Rw.13 Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Bogor.
Jenis penelitian ini adalah Pra-Eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test design untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Peneliti menggunakan total populasi yang berjumlah 42 responden. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2014 dengan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan kesehatan terhadap kualitas tingkat pengetahuan Ibu tentang bermain dan perilaku Ibu dalam pemilihan alat permainan edukatif pada anak prasekolah.  Nilai probabilitas tingkat pengetahuan Ibu sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 0,200 dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan adalah 0,000. Dari 42 responden, terdapat 23 responden yang tingkat pengetahuannya kurang baik, namun setelah mendapatkan pendidikan kesehatan, terdapat 22 responden memiliki tingkat pengetahuan yang baik. Selain itu juga didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan Ibu dengan perilaku pemilihan alat permainan edukatif pada anak prasekolah dengan nilai-p 0,002. Pola hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan perilaku pemilihan alat permainan edukatif simetris, dimana pada responden yang memiliki tingkat pengetahuan yang baik maka responden tersebut juga mampu memilih alat permainan edukatif (81,8%), sedangkan responden yang memiliki tingkat pengetahuan kurang baik, juga tidak mampu memilih alat permainan yang tepat (65%). Pada uji korelasi didapatkan nilai p, yaitu 0,476 yang berarti kekuatan pengaruh antara tingkat pengetahuan dengan perilaku ibu dalam pemilihan alat permainan edukatif hanya bersifat substansial.
Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, Bermain, Perilaku pemilihan alat permainan edukatif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nutrisi pada ibu post partum

DUTA BUKU "MEROKOK = EGOIS"

STUDI KASUS ASKEP OSTEOARTHRITIS GENU BILATERAL